Senin, 19 Mei 2008

konfigursi jaringan

apakah andan membutuhkan jaringan,,siapa yang tidak yawhh,,,

gue pun butuh,,,,disini gue memaparkan bagaimana konfigurasi jaringan dengan menggunakan “GENTO LINUX” and bacalah dengan seksama,,,,


1. kebutuhan jaringan untuk anda

Secara umum, anda tidak memerlukan jaringan untuk menginstal Gentoo dengan CD Universal atau LiveCD Installer. Namun, ada beberapa situasi yang mengharuskan anda memiliki koneksi internet:

  • File stage3 yang berada di CD Universal tidak cocok dengan arsitektur anda dan anda harus mendownload file stage3 yang sesuai
  • File stage3 yang berada di LiveCD Installer tidak cocok dengan arsitektur anda dan anda harus mendownload file stage3 yang sesuai
  • Anda perlu menginstal aplikasi jaringan tertentu untuk melakukan koneksi ke internet yang tidak tersedia di CD Universal atau LiveCD Installer, tetapi didukung oleh CD (mis. anda dapat melakukan koneksi ke internet menggunakan CD tetapi file yang anda perlukan tidak tersedia di CD)
  • Anda menginginkan bantuan dari jauh selama instalasi (dengan SSH atau percakapan langsung dengan IRC)

Untuk mengetahui apakah file stage3 untuk arsitektur anda tersedia dan anda sedang menggunakan CD Universal, lihatlah isi direktori /mnt/cdrom/stages dan periksa apakah salah satu stage di direktori tersebut cocok dengan arsitektur anda. Jika tidak, anda masih memiliki pilihan untuk menggunakan stage3 milik arsitektur yang kompatibel dengan arsitektur anda.

File stage3 yang dibangun untuk LiveCD Installer x86 telah dioptimasi untuk i686 atau yang lebih baru dan menggunakan NPTL. File stage3 yang dibangun untuk LiveCD Installer amd64 dioptimasi untuk penggunaan umum amd64 dan menggunakan NPTL.

Jika anda ingin menggunakan file stage3 yang dioptimasi untuk arsitektur anda dan file stage3 pilihan anda tidak tersedia, maka anda memerlukan koneksi internet untuk mendownload file stage3 yang sesuai.

Jadi, jika anda tidak memerlukan jaringan, anda dapat melewatkan sisa dari bab ini dan berlanjut dengan Mempersiapkan Disk. Jika anda memerlukannya, lanjutkan dengan seksi konfigurasi jaringan di bawah ini.

2. deteksi otmatis jaringan

Jika sistem anda tersambung ke jaringan Ethernet dengan server DHCP, kemungkinan besar konfigurasi jaringan anda sudah diatur secara otomatis. Jika benar, anda seharusnya sudah bisa menggunakan berbagai perintah jaringan pada CD Instalasi seperti ssh, scp, ping, irssi, wget, links, dll.

Jika jaringan anda telah dikonfigurasi, maka perintah /sbin/ifconfig akan menampilkan beberapa antarmuka jaringan selain lo, seperti eth0:

Daftar Kode 2.1: Output /sbin/ifconfig untuk konfigurasi jaringan yang sudah siap

# /sbin/ifconfig
(...)
eth0      Link encap:Ethernet  HWaddr 00:50:BA:8F:61:7A
inet addr:192.168.0.2  Bcast:192.168.0.255  Mask:255.255.255.0
inet6 addr: fe80::50:ba8f:617a/10 Scope:Link
UP BROADCAST RUNNING MULTICAST  MTU:1500  Metric:1
RX packets:1498792 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
TX packets:1284980 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
collisions:1984 txqueuelen:100
RX bytes:485691215 (463.1 Mb)  TX bytes:123951388 (118.2 Mb)
Interrupt:11 Base address:0xe800

Opsional: Konfigurasi Proxy

Jika anda mengakses internet melalui proxy, anda mungkin perlu mengatur proxy tersebut sewaktu instalasi. Untuk mengatur proxy, anda dapat dengan mudah menetapkan variabel yang berisi informasi server proxy tersebut.

Pada kebanyakan kasus, anda hanya perlu menetapkan variabel dengan menggunakan nama host server tersebut. Sebagai contoh, kami menganggap proxy anda bernama proxy.gentoo.org dengan port 8080.

Daftar Kode 2.2: Menetapkan server proxy

(Jika proxy tersebut membatasi koneksi HTTP)
# export http_proxy="http://proxy.gentoo.org:8080"
(Jika proxy tersebut membatasi koneksi FTP)
# export ftp_proxy="ftp://proxy.gentoo.org:8080"
(Jika proxy tersebut membatasi koneksi RSYNC)
# export RSYNC_PROXY="proxy.gentoo.org:8080"

Jika proxy anda membutuhkan username dan password, anda harus menggunakan syntaks berikut ketika menetapkan variabel proxy:

Daftar Kode 2.3: Menambahkan username/password pada variabel proxy

http://username:password@proxy.gentoo.org:8080

Tes Koneksi Jaringan

Anda mungkin ingin mencoba untuk melakukan ping ke server DNS ISP anda (dapat ditemukan di /etc/resolv.conf) dan salah satu website pilihan anda, untuk memastikan bahwa paket-paket yang dikirimkan dapat mencapai jaringan (internet), resolusi nama DNS berfungsi, dll.

Daftar Kode 2.4: Tes Koneksi Jaringan

# ping -c 3 www.gentoo.org

Jika anda sudah bisa menggunakan jaringan anda, anda dapat melewati sisa dari seksi ini dan melanjutkan dengan Mempersiapkan Disk. Jika tidak, maka lanjutkan.

3. konfigurasi jaringan secara otomatis

Jika koneksi jaringan anda tidak dapat langsung berfungsi, pada beberapa media instalasi, anda dapat menggunakan net-setup (untuk jaringan biasa atau wireless), pppoe-setup (untuk pengguna ADSL) atau pptp (untuk pengguna PPTP - hanya tersedia pada x86).

Jika media instalasi yang anda gunakan tidak memiliki utilitas-utilitas tersebut, atau jaringan anda masih belum berfungsi, lanjutkan ke Konfigurasi Jaringan secara Manual.

Default: Menggunakan net-setup

Cara paling mudah untuk menyiapkan koneksi jaringan anda jika tidak dapat dikonfigurasi secara otomatis adalah dengan menjalankan skrip net-setup:

Daftar Kode 3.1: Menjalankan skrip net-setup

# net-setup eth0

net-setup akan mengajukan beberapa pertanyaan tentang lingkungan jaringan anda. Setelah selesai, anda seharusnya akan mendapatkan koneksi jaringan yang berfungsi. Tes koneksi jaringan anda seperti yang dijelaskan di atas. Jika koneksi jaringan anda telah berfungsi, selamat! Anda sekarang sudah siap untuk menginstal Gentoo. Lewati sisa dari seksi ini dan lanjutkan dengan Mempersiapkan Disk.

Jika koneksi jaringan anda masih belum berfungsi, lanjutkan dengan Konfigurasi Jaringan secara Manual.

Alternatif: Menggunakan PPP

Jika anda menggunakan PPPoE untuk melakukan koneksi ke internet, CD Instalasi (semua versi) telah mempermudah konfigurasi jaringan anda dengan mengikutsertakan utilitas ppp. Gunakan skrip ppoe-setup yang disediakan untuk mengkonfigurasi jaringan anda. Anda akan ditanyakan tentang perangkat jaringan yang terhubung ke modem adsl anda, username dan password anda, IP dari server DNS anda, dan apakah anda memerlukan firewall dasar atau tidak.

Daftar Kode 3.2: Menggunakan rp-pppoe

# pppoe-setup
# pppoe-start

Jika masih tidak berfungsi, periksa lagi apakah anda sudah mengetikkan username dan password anda dengan benar, dengan memeriksa file /etc/ppp/pap-secrets atau /etc/ppp/chap-secrets, dan pastikan kalau apakah anda sudah menggunakan perangkat jaringan yang tepat. Jika perangkat jaringan anda tidak ditemukan, anda harus memuat modulnya secara manual. Jika anda mendapatkan masalah ini, anda harus melanjutkan dengan Konfigurasi Jaringan secara Manual yang menjelaskan cara memuat modul perangkat jaringan.

Jika semua berjalan dengan lancar, lanjutkan dengan Mempersiapkan Disk.

Alternatif: Menggunakan PPTP

Catatan: Dukungan PPTP hanya tersedia untuk x86

Jika anda memerlukan dukungan PPTP, anda dapat menggunakan utilitas pptpclient yang disediakan di CD Instalasi. Tetapi, pertama-tama anda harus memastikan bahwa konfigurasi anda sudah benar. Edit file /etc/ppp/pap-secrets atau /etc/ppp/chap-secrets agar berisi kombinasi username/password anda yang benar:

Daftar Kode 3.3: Edit file /etc/ppp/chap-secrets

# nano -w /etc/ppp/chap-secrets

Lalu, ubah file /etc/ppp/options.pptp seperlunya:

Daftar Kode 3.4: Edit file /etc/ppp/options.pptp

# nano -w /etc/ppp/options.pptp

Setelah semuanya selesai, jalankan perintah pptp (diikuti dengan opsi-opsi yang tidak dapat anda tetapkan di options.pptp) untuk melakukan koneksi ke server:

Daftar Kode 3.5: Koneksi ke server dial-in

# pptp 

Tidak ada komentar: